MENGENDALIKAN DIRI DIBUTUHKAN MOTIVASI DIRI

Manusia diciptakan memiliki naluri/sesuatu yang memang ada tanpa harus di adakan, salah satunya adalah mempertahankan hidup.  Setiap kita pasti akan menghadapi sesuatu yang dapat mengancam diri kita dan sudah pasti kita akan melakukan sgala cara untuk meyelamatkan diri kita dari bahaya tersebut, inilah bagian dari rahmat Allah kepada hambaNya, penjagaan Allah terhadap hambaNYa, inilah bukti bahwa Allah maha menjaga. Bayangkan saja jika manusia tidak memiliki naluri seperti ini maka akan banyak kecelakaan yang terjadi. Maka dalam rangka melindungi diri ini dibutuhkan skill yang dapat membantu kita mempertahankan diri kita seperti beladiri, mengolah fisik dengan push up, lari, berenang dan lain sebagainya. Islam sangat menjaga pemeluknya, salah satunya ada olahraga yang di sunnahkan dalam islam seperti berkuda, memanah, berenang agar seorang muslim tidak hanya kuat ruhiyahnya tapi juga  kuat jasmaninya karena ada masanya fisik sangat di butuhkan disamping itu olahraga dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang yang mana kesehatan menjadi modal utama untuk beribadah kepada Allah tanpa kesehatan ibadah sangat sulit dikerjakan.

                Perlu kita ketahui bahwa dalam mempertahankan diri kita upaya paling penting yang harus kita lakukan adalah mengontrol diri sendiri. Bagaimana ia bisa mengatur dirinya sendiri sesuai dengan ilmu, sesuai rambu rambu yang telah di tetapkan Allah dan RasulNya, karena orang yang mampu mengendalikan dirinya sendiri ia tidak akan mudah terbawa oleh orang lain. Kalau kita sebagai seorang muslim tidak bisa mengatur diri sendiri maka setan yang akan mengendalikan diri kita, akan mudah terjerumus pada kebinasaan. Kehidupan seorang muslim akan sia sia jika ia tidak bisa mengatur dirinya sendiri. Maka dalam mengatur diri sendiri di butuhkan motivasi diri/self motivation yang dapat menjadi obat ketika ia lemah, lelah. Motivasi diri sangat penting bagi seorang muslim yang hebat karena itulah yang akan mendorongnya berpegang teguh pada prinsip hidupnya.

                Wahai anak muda milikilah target target yang harus kau capai dan doronglah dirimu dengan self motivation,  jadilah pemuda yang mampu mengontrol diri sendiri dan teguh dengan prinsip hidup dengan motivasi diri.