MODAL DALAM LEADERSHIP BERPEGANG TEGUH PADA PRINSIP


Berpegang teguh dengan prinsip adala salah satu karakter yang harus di miliki oleh setiap generasi pemimpin, karena setiap pemimpin memikul beban berat yang akan menjadi pertanggung jawaban baginya kelak saat menghadap Allah swt. Pemimpin yang hebat pasti lahir dari keteguhan dalam memegang prinsip.  Dengan prinsip hidup itulah yang akan menjadikan ia kuat menghadapi halang rintang yang menghadang di jalan perjuanagan, jika kita ingin kuat, teguh, sampai kepada apa yang kita cita citakan dan teguh di atas kebenaran maka kita harus punya prinsip hidup yang mengantarkan kita kepada apa yang apa yang kita tuju.

Nah bagaimana caranya kita bisa kuat, teguh diatas prinsip hidup, terkhusus sebagai seorang muslim? Sedikit kita akan mengulas bagaimana caranya agar kita menjadi teguh dan kuat di atas prinsip. Diantara tips teguh diatas prinsip / dalam istilah arabnya wasail atsabat yang telah di ajarkan oleh para ulama ada 3 :

  1.   Banyak berdzikir dan mengingat Allah swt. (كثرة ذكرالله)

Kekuatan yang sejati itu datangnya dari Allah swt, Allah lah yang maha kuat dan yang kuat selain Allah itu sejatinya lemah termasuk kita karena “tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah swt”. Maka cara pertama agar kita kuat di atas prinsip kita maka perbanyaklah mendekatkan diri kepada Allah dengan banyak mengingatNya. Sebagaimana yang telah dialami oleh Rasulullah saw ketika menghadapi masa masa yang berat dalam perjalanan dakwah beliau sholat Tahajjud hukumnya wajib bagi setiap orang yang telah beriman kepada Allah dan RasulNya, itulah kemudian yang menjadikan Rasulullah saw dan para sahabat pada saat itu kuat dalam menghadapi rintangan dakwah yang berat.   

  • Berpegang teguh dengan Al quran (الإعتصام بكتاب الله)

Al quran itu bukan bacaan biasa tapi Al quran sungguh berefek bagi kaum beriman sampai Allah swt mensifati orang yang beriman adalah orang yang bergetar hatiinya ketika disebut nama Allah swt dan bertambah iman mereka, maka dengan memperbanyak interksi kita dengan Al quran Allah akan menguatkan langkah kita di atas perjuangan, apalagi jika ditambah dengan menghafalnya, mentadaburinya, maka efeknya akan lebih besar.

  •  Mengikuti jejak salafus sholih

Shalafu sholih adalah generasi terbaik yang langsung di nobatkan oleh sang penerima wahyu Rasulullah saw  dalam hadits yang shohih “Sebaik-baik manusia adalah pada generasiku (yakni sahabat), kemudian orang-orang yang mengiringinya (yakni tabi’in), kemudian orang-orang yang mengiringinya (yakni generasi tabi’ut tabi’in).” ( HR. Bukhari dan yang lainnya). Mengikuti jalan hidup mereka adalah jalan terbaik untuk mencapai keberhasilan dunia dan akherat, mengikuti prinsip hidup yang telah mereka jalani, akan menjadikan kita yakin karena hasilnya pun telah terbukti dengan jelas, sebaik baik prinsip adalah prinsip yang telah di contohkan generasi salafu sholih.

prinsip yang harus di pegang setiap generasi pemimpin adalah

إنما الحياة عقيدة و جهاد

“sesungguhnya hidup itu hanyalah keyakinan dan dan perjuangan”

itulah prinsip yang harus dipegang agar kita menjadi pejuang sejati yang senantiasa membela kebenaran, tauhid adalah kebenaran yang paling benar dan harus terus di perjuangkan sampai darah penghabisan. kalo hidup tidak lagi bertauhid mengandalkan Allah swt satu satunya tempat bersandar dan gigih berjuang menegakkan al haq maka mati lebih baik baginya.