SANTRI SIAGA JIWA RAGA


Hari ini tercatat sebagai hari santri nasional tepatnya hari senin tanggal 22 oktober 2021. Ngomongin hari santri teringat tentang asal usul kenapa hari santri di tetapkan pada tanggal 22 oktober. Sebelumnya hari santri di tetapkan oleh presiden jokowi pada tahun 2015 di masjid istiqlal jakarta, tujuan ditetapkannya hari santri ini adalah untuk mengingat perjuangan jihad para kyai dan santri untuk melawan penjajah. Karena Hari santri 22 oktober tidak lepas dari perjuangan kyai Hasyim asy’ari rahimahullahu ta’ala. Pada tanggal 22 oktober 1945 kyai Hasyim asy’ari rahimahullah mendeklarasikan resolusi jihad kepada seluruh kaum muslimin untuk menyerang penjajah demi menjaga kedaulatan NKRI ini. Hal ini sekaligus menjadi jawaban presiden soekarno yang bertanya kepada beliau tentang hukumnya membela berperang murni membela tanah air bukan karena agama. Berkat kyai Hasyim asy’ari rahimahullahu ta’ala kemudian terjadi peristiwa heroik pada tanggal 10 november 1945, sejarah kepahlawanna rakyat indonesia yang berkecamuk di surabaya, pekikan takbir bung tomo yang kemudian memabakar semangat para pejuang rakyat dan para santri indonesiapada saat itu. Hari itu diperingati sebagai hari pahlawan oleh rakyat indonesia hingga har ini. Atas dasar itulah hari santri ditetapkan pada tanggal 22 oktober.

Satu motivasi yang menjadi pengingat buat kita semua di hari santri ini, “siapapun yang menginginkan cita cita yang besar impian yang besar maka dia harus punya prinsip hidup dan berusaha keras untuk berpegang teguh kepada prinsip tersebut. Dan salah satu cara agar kita teguh dengan prinsip kita tulislah prinsip itu di tempoat yang sering kita lihat dan setiap kita lihat tulisan itu terus ulangi dan terus ulangi kata kata itu maka kata kata itu akan menancap kuat dalam jiawa. Terkadang seorang pejuang impian merassa lelah dan males tapi dengan prinsip yang menhunjam dalam hati dan sanubarinya akan menguatkan ia untuk terus kuat dan tidak lemah. Itulah salah satu cara agar kita teguh memgang prinsip”

Bagi kaum santri khususnya hari ini kita diingatkan dengan perjuangan pendahulu kita, maka prinsip bagi kaum santri adalah prinsip perjuangan

عشكريما أو مت شهيدا

“hidup mulia atau mati syahid”

Terus berjuang hingga kita yang dibinasakan karena kemuliaaan / agama ini yang dimenangkan, maka spirit hari santri nasional 2021 “santri siaga jiwa raga”.